Selasa, 12 Desember 2017

PEREMPUAN


Karya : Asterlita


Perempuan.!!

Awalnya kata yang sering terdengar

Ketika mereka melihatku


Perempuan..!!

Kata yang sering aku dengar

Ketika menyuruhku ke dapur


Perempuan..! 

Kata itu pun yang selalu ku dengar

Ketika mereka menyruhku mencuci


Perempuan..!!

Dan masih banyak kalimat yang mengartikan aku

Sebagai makhluk nomor dua

Apakah aku hanya untuk tunduk

Dan tertindas terhadap tatanan itu.?

Apakah aku hanya untuk mewarisi

Budaya dan adat istiadat itu.??

Apakah aku hanya untuk menjadi pelayan dapur

Sumur dan kasur bagimu.??

Atau

Apakah aku untuk bangkit melawan penindasan kaumku

Yang telah di budayakan.??


Perempuan..!!

Kau seolah-olah seperti binatang saja yang harus di atur.

Bahkan caramu makan, berpakaian,

Berbicara dan caramu bersikap tak luput dari aturan.


Perempuan.!

Sesunguhnya aku binggung terhadapmu.

Bukankah akan seperti surga jika semuanya setara.?


Bukankah akan lebih damai

Jika tidak ada yang harus menjongkok ketika berjalan.?

Bukankah lebih indah

Jika kita berdiri dan duduk bersama laki-laki.?


Perempuan.!

Belajarlah, menulislah, berbicaralah

Atau setidaknya tunjukan sikap bahwa kau tak mau tertindas

Dan memperpanjang barisan-barisan penindasan itu.


Perempuan..!

Aku sangat bangga ketika di panggil itu

Karena artinya aku tuan sama seperti laki-laki

Jika kau ingin bangsa ini baik

Maka cukup setarakan dan Sadarkan Perempuan..!


Hidup perempuan..!!