Rabu, 26 Juli 2017

BPBD: Lebih Dari 14 Ribu Warga DIY Terancam Kekeringan




Yogyakarta - Belasan kecamatan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terancam mengalami kekeringan pada musim kemarau tahun ini. Potensi kekeringan terutama terjadi di kabupaten Gunungkidul dan kabupaten Kulonprogo.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Krido Suprayitno, mengatakan puncak kekeringan diprediksi mulai terjadi memasuki bulan Agustus dan September 2017. Kekeringan ini akan paling dirasakan di 2 kabupaten yakni Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulonprogo. Di kabupaten Gunungkidul kekeringan diperkirakan terjadi di 14 kecamatan. Sementara di Kulonprogo diperkirakan melanda 2 kecamatan yakni di Kokap dan Kalibawang.


"Yang terancam di Kulonprogo di 2 kecamatan sekitar 14 ribu jiwa. Di Gunungkidul karena ada 14 kecamatan yang harus di waspadai, sehingga lebih dari 14 ribu," kata Krido Suprayitno pada kegiatan Sekolah Sungai di kalibuntung, Karangwaru, Yogyakarta, Rabu (26/7/2017).


Untuk mengantisipasi dampak kekeringan tersebut, BPBD DIY telah membentuk satgas kekeringan. Satgas menurutnya, sudah bergerak untuk mengantisipasi kekeringan yang terjadi di Gunungkidul dan Kulonprogo. BPBD DIY juga menyiapkan stok air bersih untuk di drop ke daerah-daerah yang mengalami kekeringan.


"Untuk di Sleman dan Bantul, tahun ini relatif kecil dan tidak bisa dikatakan kekeringan. Masih bisa diatasi dengan memanfaatkan sumber-sumber mata air," katanya. 

(sip/sip).

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3574741/bpbd-lebih-dari-14-ribu-warga-diy-terancam-kekeringan